6 Jenis Minum Beralkohol Ini Pasti Sering Kamu Lihat di Drama Korea!

Source: dramafever.com

Budaya minum yang menjadi bagian kehidupan sosial membuat minuman beralkohol dapat ditemukan dengan mudah di Korea. Selain wine yang sudah kesohor ke seluruh dunia, Korea juga ternyata punya minuman beralkohol khas negaranya sendiri loh. Nah, 4 di antara minuman beralkohol ini pasti sering kamu lihat dalam drama!

#1 Soju

Source: vinepair.com

Kamu pasti masih ingat adegan karakter drama yang mabuk-mabukan karena putus cinta atau di-PHK. Soju juga sering menjadi teman bersantap barbekyu di acara kumpul-kumpul, baik kumpul dengan teman, keluarga hingga para kolega di perusahaan.

Source: geonbae.com

Soju adalah minuman keras dengan kandungan alkohol yang sangat tinggi, mencapai 16,8% hingga 58%. Warnanya bening, mirip dengan air putih dan biasanya dikemas dalam botol kaca warna hijau. Soju tradisional biasanya dibuat dengan beras, gandum atau barley sedangkan produsen modern memilih mengganti beras dengan kentang atau ubi manis.

#2 Maekju

Source: hancinema.net

Secara internasional, maekju sebenarnya sama saja dengan bir. Maekju atau bir pertama kali diperkenalkan di Korea di awal abad ke-20. Untuk mekju, kandungan alkoholnya biasanya tidak lebih dari 10%. Salah satu kebiasaan unik orang Korea saat minum adalah dengan mencampurkan antara soju dengan maekju dengan perbandingan tertentu.

Source: feelpositive.wordpress.com

Semenjak tayangnya Man Who Come from The Star, maekju punya trend baru yang disebut chimaek (chicken & maekju). Adegan Jun Ji Hyun yang menyantap ayam sambil minum bir ternyata menjadi budaya baru yang sangat digilai penduduk negeri ginseng.

Source: blogspot.com

#3 Makgeolli

Source: 90daykorean.com

Jika minuman keras biasanya identik dengan rasa pahit, maka makgeolli alias arak beras Korea ini memiliki rasa yang sedikit manis. Makgeolli dibuat dengan mencampurkan beras atau gandum dengan nuruk (sejenis bakteri untuk fermentasi). Makgeolli disebut-sebut sebagai minuman beralkohol asli Korea yang bahkan sudah ada sejak zaman Goryeo.

Baca juga   Ngeliat Cewek Gigit Beberap Benda ini, bikin Cowok Dari Yang Lemes Jadi Tegang! (Bikin stroke ringan)

Yang Pio lihat dari drama Korea, orang di sana juga kerap menjadikan makgeolli sebagai teman bersantap.

#4 Fruite Wine

Source: vinepair.com

Salah satu jenis fruite wine Korea yang paling terkenal adalah podoju. Podoju berasal dari kata podo yang artinya anggur. Minuman beralkohol satu ini disebut sebagai wine-nya Korea. Podoju dibuat dengan fermentasi beras yang dicampur dengan anggur.

Selain menggunakan anggur, wine buah juga bisa menggunakan buah plum (hasil jadinya disebut bokbunja). Bisa juga menggunakan buah persik (hasilnya disebut kamwain). Buah seperti ceri, peach dan pomegranate juga bisa dicampurkan kedalam fermentasi beras untuk membuat fruite wine.

#5 Flower Wine

Source: korea.net

Flower wine atau wine bunga adalah minuman beralkohol yang menggunakan bunga sebagai bahan baku. Yang paling terkenal adalah wine dari bunga matahari yang disebut gukhwaju. Dugyeonju adalah wine bunga yang dibuat dengan menggunakan helai-helai kelopak bunga azalea. Adalagi yang disebut baekhwaju (baek artinya seratus), yaitu wine yang dibuat dengan mencampurkan 100 macam bunga.

Kamu pernah lihat nggak dalam drama ada orang yang meminum alkohol yang dicampur dengan ginseng? Nah, itu juga termasuk salah satu jenis flower wine yang dinamakan insamju.

#6 Yakju

Source: instagram.com

Yak dalam bahasa Korea berarti obat. Nah, yakju ini adalah minuman beralkohol yang dibuat untuk tujuan pengobatan. Mereka biasanya mencampurkan alkohol dengan berbagai macam tumbuhan obat yang berupa biji-bijian atau akar-akaran. Yakju terdiri dari banyak sekali jenis dengan berbagai bahan dan khasiat yang berbeda-beda.

Nah, itu dia 6 minuman beralkohol asal negeri ginseng.

What Do You Think?