7 Hal Unik Tentang Kehidupan di Korea Ini Bakal Kamu Tahu dari Drama Korea

Source: asianwiki.com

Perbedaan akar budaya jelas menjadi alasan kenapa ada banyak sekali kebiasaan kita sehari-hari yang berbeda dengan orang Korea. Ngaku deh, kalau lagi nonton drama Korea, kamu pasti sering mikir, “Loh, di sana kok begitu sih?” atau “Lucu juga ya di sana ada yang kayak begitu.”

Apa aja sih kebiasaan orang Korea yang terbilang sedikit unik dan aneh di mata kita? 7 di antaranya pasti sering kamu temui dalam drama. Yuk simak!

#1 Minum

Source: koreandramaland.com

Kalau di Indonesia minum-minum memiliki kesan negatif di mata masyarakat umum, berbeda jauh dengan di Korea. Bagi negeri ginseng itu, minum-minum adalah budaya hidup bermasyarakat yang tidak bisa ditinggalkan. Baik dalam acara perayaan, kumpul-kumpul atau sekadar melepaskan stress.

Karena itulah peraturan di sana sangat ketat termasuk tidak diperkenankannya menjual minuman keras pada anak di bawah umur. Oh, ya, di sana juga sewaktu-waktu bisa ada pemeriksaan loh bagi supir yang ketahuan mengkonsumsi alkohol.

#2 Memanggil Supir Pengganti

Source: hollywoodreporter.com

Nah, untuk orang yang sudah terlanjur minum namun harus menyetir, ada yang namanya jasa supir pengganti loh. Supir pengganti ini biasanya dihubungi melalui agen jasa (kalau di sini semacam Gojek atau Grab kali, ya. Tapi hanya supirnya saja) dan nanti mereka yang akan mengantarkan hingga ke rumah. Ini adalah salah satu cara mudah menghindari menyetir dalam keadaan mabuk karena kalau sampai tertangkap basah, hukumannya sangat berat.

#3 Anak Sekolah Bekerja Paruh Waktu

Source: aminoapp.com

Dalam drama Korea kebanyakan pegawai yang bekerja di swalayan adalah pekerja paruh waktu. Mereka biasanya adalah siswa SMA atau mahasiswa. Coba ingat-ingat bagaimana Hong Seol (Cheese in The Trap) bekerja di café hingga perpustakaan padahal dia sendiri berstatus mahasiswa. Masih ada Cha Eun Sang (The Heirs) yang juga bekerja menjadi pelayan café padahal ia masih SMA.

Baca juga   Di Antara 7 Aktor Rising Star Ini, Mana Favoritmu?

Iklim kerja part time ini sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia yang kebanyakan mempekerjakan tenaga full time untuk pekerjaan-pekerjaan itu.

#4 Anak Sekolah Pulang Sampai Larut Malam

Source: dramabeans.com

Melihat anak-anak berseragam sekolah berkeliaran sampai larut malam sepertinya bukan hal yang aneh di Korea. Dalam hampir semua drama sekolahannya, seenggaknya beberapa kali adegan anak sekolah pulang malam pasti ditampilkan. Ini ternyata bukan karena mereka hobi pulang malam, tapi memang karena iklim belajar di sana yang berat.

Anak SMA rata-rata mulai belajar di sekolah jam 7 pagi hingga jam 8 malam. Itu masih belum ditambah dengan les tambahan loh! Wajar saja kalau kadang mereka baru sampai di rumah lagi pukul 10 malam. Wah bosan nggak tuh ya?

#5 Perpustakaan 24 Jam

Source: wordpress.com

Di Korea sana, ternyata bukan hanya warung makan cepat saji atau apotek yang buka selama 24 jam. Perpustakaan pun ternyata banyak yang menyediakan fasilitas sepanjang hari. Di bulan Desember, banyak perpustakaan kampus yang buka selama 24 jam karena di minggu pertama atau kedua, hampir semua mahasiswa mengikuti ujian akhir semester. Demi mendapatkan nilai terbaik dan pekerjaan yang layak, mereka rela bermalam di perpustakaan loh! Coba aja di Indonesia ada, pasti seru banget, ya!

#6 Noryangjin, Tempat Les CPNS

Source: soompi.com

Udah nonton Drinking Solo dong? Nah dari drama ini kamu pasti tahu kalau di kehidupan nyata Noryangjin memang tempat yang sangat terkenal bagi orang-orang yang ingin mempersiapkan diri untuk ujian PNS. Noryangjin berada di Distrik Dongjak, bagian selatan Kota Seoul.

Sebagian besar siswa-siswa yang mengambil les di akademi Noryangjin adalah lulusan universitas dan ada juga yang lulusan SMA. Kesulitan mencari pekerjaan ternyata membuat banyak anak SMA memutuskan untuk langsung les ikut ujian PNS daripada harus repot-repot kuliah sementara pekerjaan belum tentu akan didapat.

Baca juga   7 Aktris Ini Adalah “Queen Of Sageuk”

#7 Wajib Militer

Source: duniaku.net

Buat kamu yang punya idola cowok, istilah wamil tentu saja sudah nggak asing. Katanya, seorang pria belum bisa dikatakan pria sejati loh kalau belum wamil. Nah, wamil ini adalah kewajiban mengabdi pada negara yang harus dilakukan oleh setiap pria sehat di Korea. Pria yang berusia 20-30 tahun biasanya akan mendaftar (atau mendapat panggilan) untuk menjalani kehidupan sebagai tentara (bisa di Angkatan Laut, Darat dan Udara atau kepolisian) selama 20-24 bulan. Nah,selama masa wamil, mereka biasanya akan fokus di kamp sehingga tidak akan punya banyak waktu untuk berhubungan dengan dunia luar. Makanya, banyak artis yang takut wamil karena takut ninggalin fansnya kelamaan. Hehehe..

 

What Do You Think?