[FLASH FACT] Kenapa Donat Berlubang?

via: http://guromis.com/
via: http://guromis.com/

Siapa sih yang nggak tau dan nggak suka donat? Kudapan goreng dengan rasa manis ini sekarang bahkan sudah mensejahterakan ribuan orang lewat aneka brand waralaba di seluruh dunia seperti Donkin Donuts dan J.Co, misalnya. Dan sebagai orang yang udah pernah makan donat, kamu pasti pernah setidaknya sekali bertanya-tanya: kenapa sih donat harus dikasih lubang di tengahnya?

Donat sendiri punya ternyata punya banyak versi sejarah, termasuk cerita kenapa donat memiliki lubang di tengahnya. Menurut Om Wiki, dulu donat sengaja dilubangi untuk mempercepat proses menggoreng adonannya.

via: https://www.cantikinfo.net/
via: https://www.cantikinfo.net/

Teori kedua, adalah cerita tentang Elizabeth Gregory yang membuat olykes (donat awal) dengan tambahan kacang-kacangan (inilah yang mencetuskan nama dough-nut yang artinya adonan kue dengan campuran kacang-kacangan). Kue ini sendiri awalnya juga tidak memiliki lubang di tengahnya.

via: http://www.kusrini.net/
via: http://www.kusrini.net/

Elizabeth dikisahkan memiliki putra bernama Kapten Hanson Crockett Gregory yang merupakan seorang kapten kapal. Suatu saat, Elizabeth berniat memberikan doughnut untuk bekal sang anak selama berlayar. Sang Kapten ternyata merasa kesulitan karena harus mengemudi dan memegang kue bekal dari sang ibu. Akhirnya, ide untuk membuat lubang di tengahnya pun tercetus. Si doughnut lalu ditancapkan di pinggir kemudi agar tetap mudah disantap kalah sang Kapten menakhodai kapal.  Ada-ada aja, yah?

Kamu percaya versi yang mana?

What Do You Think?
Baca juga   Nggak Nyangka, Dikira Asli Indonesia, Ternyata Makanan Ini Berasal dari China