[FLASH FACT] Siapa, sih yang Menemukan Polo Shirt Pertama Kali?

via: http://cdn.fluidretail.net/
via: http://cdn.fluidretail.net/

Siapa sih yang nggak tau polo shirt alias kaos wangki? Baju berbahan rajut kaos berkerah ini sekarang lebih sering digunakan oleh pemain golf dan tenis. Kalian yang kuliah, juga kadang memilih mengenakan polo shirt kalau nggak boleh pakai t-shirt dan terlalu malas memakai kemeja, kan?

Meski sekarang lebih Ralph Lauren sekarang menjadi produsen polo shirt paling terkenal, kaos ini justru pertama kali ditemukan oleh René Lacoste, founder brand Lacoste. René Lacoste adalah peraih juara tujuh kali Grand Slam Perancis yang pertama kali merasa bahwa seragam yang digunakan para atlit tenis sangat tidak nyaman. Tak seperti sekarang, dulu para petenis mengenakan kaos putih lengan panjang, celana flannel dan dasi yang sangat menyusahkan gerak mereka saat bertanding.

 (Seragam Tenis zaman dulu)

René Lacoste lalu merancang kaos lengan pendek dari bahan katun rajut yang lebih lentur. Ia mengenakan desain itu pertama kali di pertandingan Amerika Terbuka tahun 1926. Tahun 1927, René Lacoste mulai menempelkan lambing buaya di dada kiri kaos desainnya itu (yang sekarang menjadi lambing resmi Lacoste).

 (Lacoste dan polo shirt pertamanya)

Tahun 1933, setelah pensiun dari dunia tenis, René Lacoste mengajak Andre Gillier, seorang merchandiser pakaian sekaligus sahabat dekatnya untuk memproduksi secara massal hasil desainnya dan memasarkan pakaiannya ke Amerika dan Eropa yang menjadi cikal bakal perusahan fashion ternama, Lacoste. Polo shirt lantas menjadi salah satu model pakaian kasual yang banyak diproduksi oleh perusahaan-perusahaan pakaian dan dipakai oleh semua orang di seluruh dunia.

What Do You Think?
Baca juga   7 Aktor Ini Memainkan Dua Karakter Superhero Berbeda!