[REVIEW] 7 Hal dari Drama “Radiant Office” Ini Bakal Menyembuhkan Jiwamu

4999_RadiantOffice_Nowplay_Small

Drama milik MBC ini sudah memasuki episode ke 11 minggu ini. Meski naskahnya yang memenangi ajang lomba 2016 MBC TV Drama Screenplay Competition dalam kategori miniseri harusnya jadi jaminan, nyatanya di awal Pio sempat ragu untuk nonton drama ini atau enggak. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah karena Ha Suk Jin, lead male-nya. Berkali-kali liat doi memerankan cowok berhati dingin, kok rasanya mulai bosen, ya?

Karena Go Ah Sung dan skripnya yang udah dijamin bagus, Pio akhirnya lanjut nonton tanpa ekspektasi apa-apa. Dua episode minggu pertamanya terasa datar dan bahkan ratingnya tidak bisa dibilang bagus. Memasuki minggu kedua, banyak hal-hal yang ternyata akhirnya malah bikin Pio suka banget sama drama di slot Rabu-Kamis ini. Dari yang awalnya biasa aja, sekarang malah jadi nunggu-nunggu banget. Menonton drama ini benar-benar memberikan perasaan menyembuhkan yang bikin hatimu hangat. Apa saja sih yang bikin drama ini wajib kamu masukkan dalam daftar tontonan?

#1 Relatable Untuk Para Pekerja Kantoran

Sumber: cloudfront.net
Sumber: cloudfront.net

Bagi orang-orang yang sehari-hari menghabiskan waktu di dalam kantor, menghadapi omelan bos dan klien serta kebusukan-kebusukan korporasi, drama ini pasti terasa ‘kamu banget’. Ber-setting di sebuah perusahaan bernama Hauline, kamu bakal diajak mengikuti kisah 3 karyawan baru yang harus beradaptasi dengan kehidupan kantoran yang penuh tekanan. Banyak intrik dan kesemena-menaan atasan yang ujung-ujungnya bikin kamu menggumam, “Duh, kantor di mana-mana ternyata sama, ya?”

Buat yang nggak kerja di kantor, lewat drama ini kamu bakal tahu kalau kehidupan para karyawan sekalipun di perusahaan besar, belum tentu seindah bayanganmu. Drama ini juga menjadi pengingat bahwa pekerjaan (dan uang) bagi sebagian besar orang adalah hal yang sangat sulit didapatkan. Kadang ada hal-hal tak terduga yang menimpa, kadang juga harus pintar menjilat atasan demi mendapatkan pengakuan. Hmm..

Baca juga   [REVIEW] Hyung, yang Nyebelin Sekaligus Ngangenin

#2 Karakter Eun Ho Won yang Menyenangkan

Sumber: ytimg.com
Sumber: ytimg.com

Eun Ho Won ini hidupnya sudah sangat miris sebenarnya. Dia bukan anak orang kaya, sudah lama lulus tapi belum dapat pekerjaan juga. Saat lulus di Hauline, dia masih harus jadi pekerja kontrak. Setelah itu, dia malah diduga punya penyakit parah yang mematikan.

Kalau kamu jadi Eun Ho Won, apa yang akan kamu lakukan? Pulang ke rumah orang tua sambil nangis-nangis? Atau malah bunuh diri? Meski sempat hampir bunuh diri di episode awal, di episode-episode selanjutnya Eun Ho Won mulai menampakkan sisi cheerful-nya. Saat tahu dirinya sakit, Ho Won malah berusaha membalikkan keadaan dengan berpikir positif. “Hidupku kan tidak lama lagi, jadi hiduplah dengan baik.” Semangatnya dan rasa optimis yang dimiliki Ho Won benar-benar akan menular padamu dan bisa bikin kamu senyum meski habis dimarahi bos.

#3 Ha Suk Jin yang Berbeda

Sumber: cloudfront.net
Sumber: cloudfront.net

Ha Suk Jin rasanya sudah terlalu lekat dengan image cowok dingin, berengsek yang mulutnya suka ngomel seenaknya. Di drama ini, lagi-lagi karakter Seo Woo Jin yang diperankan oleh Ha Suk Jin nyaris mirip dengan peran-perannya yang lalu. Sampai menjelang pertengahan, Pio baru sadar kalau Seo Woo Jin sebenarnya sama sekali berbeda dengan peran Ha Suk Jin sebelumnya.

Meski di luar kelihatan dingin dan sempat disangka Ho Won sebagai anak orang kaya, Seo Woo Jin ternyata adalah seorang piatu yang ayahnya tinggal sendiri di sebuah daerah di pedesaan. Ayahnya adalah orang yang hangat dan sifat itu juga ternyata menurun pada Woo Jin. Rasa perhatiannya yang perlahan-lahan semakin besar pada Ho Won pasti akan membuatmu ikut kesengsem pada cowok kelahiran tahun 1982 ini. Belum lagi sifatnya yang sedikit clumsy, bikin dia jadi makin imut dan menggemaskan.

Baca juga   ​[REVIEW] Defendant: Ji Sung is Back!

#4 Tiga Sekawan yang Koplak Abis

Sumber: castko.com
Sumber: castko.com

Masih ingat dengan trio tirori di Drinking Solo yang koplak abis? Di Radiant Office, kamu bakal ketemu dengan tiga orang somplak juga: Ho Won, Kang Ho dan Ki Taek. 3 orang ini bisa dibilang nggak ada yang hidupnya bahagia. Kang Ho yang memegang beban berat dari sang ibu di pundaknya, Ki Taek yang baru saja diputuskan pacarnya (yang kemudian malah jadi atasannya di Hauline) dan Ho Won dengan setumpuk masalahnya juga.

Mereka sebenarnya baru kenal karena bertemu dengan tak sengaja di rumah sakit. Tiga sekawan ini lantas ketemu lagi di Hauline dan sama-sama diterima jadi karyawan kontrak. Posisi mereka yang sama-sama sulit ini menghadirkan interaksi yang bikin haru sekaligus kocak. Kalo kangen trio tirori, kamu bisa mulai move one ke tiga sekawan ini nih!

#5 Second Lead Syndrom Alert

Sumber: dramafever.com
Sumber: dramafever.com

Masih inget Kim Dong Wook, sang pelayan imut di drama Coffee Prince? Sekarang, dia sudah tak imut lagi. Kim Dong Wook kali ini berperan jadi seorang dokter karismatik bernama Seo Hyun yang sudah bisa ditebak, bakal terlibat cinta segitiga dengan Eun Ho Won dan Seo Woo Jin. Beda dengan Seo Woo Jin yang rada keras dan dingin, seperti second lead kebanyakan, Dokter Seo ini benar-benar manis dan gentle. Dia nggak segan menunjukkan rasa perhatiannya pada Ho Won dan membuat gadis itu tersipu. Kira-kira bagaimana ya nanti kelanjutan kisah cinta segitiga Ho Won dengan dua cowok kece itu?

#6 Pesan Moral yang Dalam

Sumber: cloudfront.net
Sumber: cloudfront.net

Kalau tahun 2015 lalu kontes MBC TV Drama Screenplay Competition melahirkan drama Angry Mom yang membawa pesan anti bully, maka tahun ini Radiant Office juga membawa pesan moral yang tidak kalah penting.

Baca juga   [REVIEW] 7 Alasan Kenapa Drinking Solo Harus Masuk Daftar Tontonanmu!

Radiant Office menggambarkan kehidupan para pekerja kantor yang terkadang tidak peduli sakit, namun tetap berusaha memenuhi target pekerjaannya. Para atasan yang haus pujian dan suka seenaknya, ketidak setaraan hak antara karyawan wanita dengan karyawan pria, hingga saling sikut antar karyawan. Banyak sekali contoh-contoh buruknya kehidupan di dunia kerja yang bisa kita temukan di drama ini. Jung Hwi Hyun, sang scriptwriter nampaknya berharap naskah yang ia tulis ini bisa membawa pesan kepada semua orang (terlebih pada perusahaan-perusahaan) untuk menciptakan dunia kerja yang sehat dan saling menguntungkan.

#7 Penuh Dialog yang Quoteable

Sumber: dramacoffee.com
Sumber: dramacoffee.com

“Kalau aku bahagia hari ini, artinya semua hariku akan bahagia. Karena kemarin pernah menjadi hari ini dan esok juga akan menjadi hari ini.” Di sepanjang 10 episode yang sudah tayang, dialog yang diucapkan oleh Ho Won ini adalah yang paling melekat di hati Pio. Seorang gadis biasa yang mengalami banyak kesulitan, tapi masih bisa mengucapkan kalimat sebijak ini. Pokoknya Radiant Office bakal mengingatkanmu untuk lebih bersyukur dan lebih keras berusaha.

Nggak cuman satu dialog itu saja yang bisa menjadi pelajaran hidup, drama sepanjang 16 episode ini masih dipeunuhi banyak quote lain yang akan membantumu menjernihkan pikiran. Nggak percaya? Nonton aja dulu. Mau ikutan ongoing atau nunggu tamat, terserah kamu.

What Do You Think?